20 Manfaat Ayat Kursi Yang Sangat Mengejutkan

Manfaat Ayat Kursi - Hitensian - Dalam pembahasan sekarang kami akan berbagi kembali mengenai beberapa khasiat Ayat Kursi. Ayatul krusi ini dapat dibaca 7x, 100x, 313x bahkan bisa 1000x sebelum tidur ataupun setelah sholat. Jika membahas tentang keutamaan, keistimewaan maupun fadhilah dari surah tersebut memiliki kemanfaatan banyak sekali yang didapat seperti untuk menyembuhkan penyakit, melancarkan tempat jualan, program hamil, doa untuk bayi ataupun anak, bahkan dapat digunakan sebagai amalan pengasihan.

20 Manfaat Ayat Kursi Yang Sangat Mengejutkan
Khasiat Ayat Kursi
Surat Ayat Kursi ialah surah ke 255 dari Al Qur’an yang termasuk dalam surat Al Baqarah. Ayat ini menerangkan mengenai tanda keagungan serta kebesaran Alloh. Surat tersebut diturunkan saat beliau Rasululloh SAW berhijrah dari kota Mekkah kemudian ke kota Madinah. Menurut beberapa ulama berpendapat bahwa turunnya ayat ini diantarkan oleh ribuah malaikat, sehingga semua saitan di bumi menjadi gempar karena surah ini.

Khasiat dan Manfaat Ayat Kursi

Beberapa ulama memberikan tentang empat penafsiran maupun makna dari kata Kursi tersebut, tafsiran pertama kursi ialah sebuah tempat ataupun ruangan yang mempunyai kapasitar besar yang telah melebihin bumi serta langit. Tafsiran kedua kursi yaitu ilmu Alloh yang dapat mengatur makhluk ciptaanya di bumi, tafsiran ketiga ialah simbol tentang keagunan maupun kebesarahn Alloh.

Menurut Muh bin Al Hanafiya mengatakan bahwa : Pada saat surat ini diturunkannya, ribuan malaikat juga ikut serta mengatarkannya, golongan syaitan-syaitan di dumi lari ketakutan dan kepanasan (HR Muslim). Terdapat beberapa hadits menjelaskan beberapa tentang kehebatan dari surah ini. Bagi pembaca yang belum mengetahui tentang manfaat Ayat Kursi, berikut ulasannya :

1. Syekh Al Bunni mengatakan bahwa : Siapa ayat ini dibaca setiap hari sebanyak bilangan huruf sejumlah 170, Alloh akan selalu memberikan pertolongan, diluaskan rezekinya, dikabulkan hajatnya, diberi apa yang dituntutnya serta akan dihilangkan dari rasa kedukaan (Kitab Tafsir Al Qudsi).

2. Nabi Muh SAW pernah bersabda bahwa : Apabila surat ini dibaca sebelum tidur, Alloh akan mengirim banyak malaikat untuk menjaganya sampai pagi hari tiba, maka syaitan tidak berani mendekat atau menganggunya (HR Bukhari).

3. Nabi Muh SAW bersabda : Surah ini ialah ayat yang menjelaskan beberapa tentang kebesaran serta keagungan Alloh, apabila dibaca setelah mengerjakan sholat-sholatnya, maka pahala yang diperoleh akan menyelamatkanmu dari api neraka yang menyala-nyala (HR Thabarani).

4. Imam Ghazali juga mengatakan bahwa : Siapa saja yang membaca ayat-ayat ini, maka dirinya akan memperoleh perlindungan maupun pertolongan dari Alloh, dan dia akan terhindar dari berbagai macam godaan ataupun hasutan syaitan.

5. Nabi Muh SAW juga bersabda bahwa : Siapa membaca ayat ini 7x setiap jum’at pagi, ataupun setelah sholat sunat 2 rakaat, maka dirinya akan terhindar dari macam marabahaya yang datang (HR Bukhari).

6. Syekh Al Bunni juga berkata : Siapa surah ini dibaca ketika waktu luang anda, maka Alloh akan menganugerahkan rahmat kepada dirinya.

7. Syeikh Abu Abbas juga pernah berkata bahwa : Siapa ayat ini dibaca sebanyak hitungan kata tersebut, lalu tiupkan pada air hujan dan diminumnya, maka dapat mencerdaskan pikiranya, dan dapat menerima ataupun memudahkan menyerap ilmu pengetahuan (Kitab Khazinatul Asrar).

8. Abdullah bin Amr ra juga berkata bahwa : Siapa membaca surat ini pada saat sedang dalam kesempitan secara istiqomah, maka Alloh akan berkenan memberikan pertolongan-Nya.

9. Imam Ghazali juga mengatakan bahwa : Jika dibaca ayat ini secara khusyuk setelah selesai sholat wajib, saat pagi hari ataupun saat petang, ketika ingin keluar atau masuk rumah, maka dirinya akan terpelihara dari godaan syaitan, diberi keselamatan, diberi kesehatan jasmani, dihindarkan dari kejahatan manusia dan akan terpelihara juga semua keluarga dan anak-anaknya (Kitab Khawasul Qur’an).
10. Syekh Abu Abbas juga mengatakan bahwa : Siapa surah tersebut dibaca secara istiqomah, maka dia selelaui dicintai dan akan dipeliharan Alloh sebagaimana Alloh telah memelihara Rasululloh SAW (HR Bahiaqi)

11. Nabi Muh SAW bersabda bahwa : Seandainya ayat ini dibaca 18x tiap-tiap hari, maka akan hidup berjiwa tauhid, orang akan selalu menghormati, dibukakan berbagai hikmah, dinaikkan derajatnya dan dirinya akan terpeliharan oleh Alloh setiap waktu (HR Mulsim).

12. Abdul Rahman bin ‘Aur juga mengatakan bahwa : Jika ingin masuk ke dalam rumah, bacalah ayat ini dari empat penjuru, maka surah ini akan menjadi penjaga, sehingga syaitan ataupun jin tidak dapat memasuki rumah tersebut.

13. Imam Ghazali pernah mengatakan bahwa : Diantara surat terdapat dari Al Qur’an, yaitu Al Baqarah, dan diantara ayat-ayat dari surat Al Baqarah, yang paling besar ialah ayat Kursi, sesungguhnya jika dibaca di dalam rumah, syaitan akan keluar dari rumah  (Kitab Tafsir Al Qudsi).

14. Syeikh Abu Abbas juga berkata bahwa : Bagi siapa surah ini dibaca setiap hari, maka dia akan dicintai maupun dipelihara Alloh sebagaimana Dia memelihara Nabi Muh Saw (HR Thabarani).

15. Ma’qal nin Yasir juga mengatakan bahwa  : Ayat ini dapat menjadi benteng diri, apabila dibaca, maka akan terpelihara dari berbagai macam marabahaya seperti kecerobohan maupun kejahatan sesama manusia (Kitab Khazinatul Asrar).

16. Rasululloh SAW juga bersabda : Siapa surat ini dibaca orang sedang sakaratul maut, maka Alloh akan memudahkan untuk mengambil rohnya

17. Imam Ghazali juga mengatakan bahwa : Alloh menciptakan sebuah kursi untuk mengelilingi tujuh bumi dan tujuh langit, kursi tersebut disusun rapi bagikan sebuah lingkaran di tengahnya yang luas, kanan terdapat 10.000 kursi dan kiri juga 10.000 kursi. Diatas kursi itu terdapat ribuan malaikat yang duduk dan mencatat pahala orang membaaca. Siapa yang membaca ayat ini, maka malaikat akan mencatat pahala sebesar kursi itu (Kitab Khawasul Qur’an).

18. Nabi Muh SAW juga bersabda bahwa : Siapa senantiasa ayat ini dibaca pada setiap-setiap setelah sholatnya, maka dirinya akan dilindungi Alloh sampai waktu sholat yang lain tiba ( HR Bukhari).

19. Syeikh Abu Abbas juga mengatakan bahwa : Jika diantara kalian ingin berpindah rumah yang baru, akan tetapi rumah itu terlihat angker, maka pada malam pertama bacalah surah ini 100x, insyaAlloh dia serta keluarganya akan terpelihara dari gangguan batin maupun lahir.

20. Syaukhur Kabir Muhyiddin : Siapa membaca surah ini 1000x selama dalam waktu 40 hari, maka akan selalu dicintai Alloh, dibukakan dari pandangan rohani, dilancarkan rezeki dalam berbagai bidang, di peliharan Alloh dan selalu dihormati dan dikasihi oleh semua orang (Kitab Khawasul Qu’ran).

Itulah beberapa ulasan kami tentang beberapa manfaat Ayat Kursi. Saat diturunkan surah ini ribuan malaikat juga ikut mengantarkan karena keagungan dari ayat ini. Disebutkan dari beberapa hadits mengatakan bahwa surat ini menjelaskan tentang kebesaran Alloh. Dengan membaca tulisan ini, semoga dapat menambah kita untuk selalu membaca Al Qur’an secara istiqomah.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon