8 Manfaat Surat Al Jin Yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Surat Al Jin - Hitensian - Dalam pembahasan sekarang ini akan berbagi informasi kembali tentang apa saja khasiat surat Al Jin. Memang setiap surat dari Al Qur’an tentu memiliki fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang belum banyak yang mengetahuinya salah satu yakni surah Al Jin.

8 Manfaat Surat Al Jin Yang Sangat Luar Biasa
Manfaat Surat Al Jin
Mungkin pembaca sedang mencari tahu apakah benar surat ini dapat mengusir Jin dalam rumah ? Atau apa saja surat yang dapat mengusir jin ataupun setan ? Jika anda sekarang ini ingin mencari tahu jawaban tersebut, maka luangkan waktu anda sebentar untuk membaca tulisan sekarang ini.

Baca Juga : 9 Manfaat Sholawat Nuridzati Yang Luar Biasa

Khasiat dan Manfaat Surat Al Jin

Surat Al Jinn merupakan surah ke 72 dari Al Qur’an yang terdiri 28 ayat serta tergolong dari surah Makkiyah. Dalam surah ini menceritakan bahwa sekumpulan Jin yang sudah mendergarkan Al Qur’an tersebut, mereka kemudian mengakui tentang kebesaran Alloh serta berjanji tidak akan mempersekutukan-Nya.

Selain itu, surah ini juga menceritakan tentang sekumpulan laki-laki yang meminta perlindungan dari golongan jin, dimana jin tersebut hanya menambah kesesatan mereka. Jin juga mengakui bahwa mereka memiliki bermacam golongan ada yang beriman dan ada juga yang kafir.

Bangsa jin juga mengakui sebagian mereka ada yang berjalan yang lurus dan ada juga berjalan menyimpang. Surah ini merupakan suatu peringatan untuk bangsa jin maupun bagi manusia, dengan membaca atau mendengarkan surah ini di dalam rumah, berharap dapat menjadi suatu peringatan untuk jin dzolim maupun fasik agar tidak mengganggu pemilik rumah.

Disebut Jin, sebab dirinya tersembunyi dari wujudnya serta dari pandangan manusia. Inilah sebabnya jin ketika dalam wujud yang asli manusia tidak bisa melihatnya, jika ada manusia yang bisa melihat jin, maka jin yang dilihat sebenarnya itu ialah jin yang sedang menjelma dalam bentuk agar manusia biasa dapat melihatnya. Alloh SWT berfirman : Sesunggunya Jin serta pengikutnya melihat manusia dari suatu tempat, tetapi manusia tidak bisa melihat mereka (QS Al A’raf 27).

Istilah tentang Jin ini tercantum dalam Al Qur’an yakni :

1. Jin ialah sebuah makhluk ciptaan Alloh yang terbuat dari api, hal tersebut berbeda dengan manusia yang diciptakan dari tanah liat (QS Ar Rahman : 15).

2. Makhluk seperti jin juga memiliki kemampuan dan ilmu, untuk menentukan yang batil dan yang hak (QS Al Jinn)

3. Jin juga memiliki tanggung jawab serta kewajiban (Dilihat dari surat Al Jin dan Ar Rahman)

4. Jin juga mempunyai kelompok yaitu ada yang beriman serta ada yang kafir (QS Al Jin : 11)

5. Mereka juga memiliki hari Mahsyar, yaitu kebangkitan serta hari Akhir, apabila menyimpang dari kebenaran, maka mereka akan menjadi kayu api bagi neraka (QS AL Jin : 15)

6. Dahulu jin memiliki kekuantan yang dapat menembus langit, mencuri pendengaran serta mendapatkan kabar yang kemudian di larang oleh Alloh SWT. Alloh berfirman : Bagi siapa (jin) mencoba untuk mendengarkan seperti itu kembali, maka ia (jin) akan menjumpai panah api untuk membakarnya (QS Al Jin : 9).

7. Jin juga dapat berinteraksi maupun berkomunikasi dengan manusia. Dengan pengetahuan yang terbatas, mereka berusaha untuk menyesatkan manusia (QS Al Jin : 6)

8. Diantara dari mereka, terdapat jin yang memiliki kekuatan yang luar biasa yaitu jin ifrit. Aku datang kepadamu (Sulaiman) dengan membawa kerjaan itu sebelum kamu berdiri dari tempat duduk itu (QS An Naml :39)

9. Jin memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan pekerjaan bagi manusia, seperti untuk membuat gedung –gedung yang tinggi (QS Saba’ : 12-13)

10. Jin adalah makhluk ciptaan Alloh dari api yang panas sebelum manusia (QS Al Hijr :27).

Manusia sebenarnya tidak dapat melihat wujud dari jin tersebut. Apabila manusia dapat melihat, berarti jin tersebut menjelma dalam bentuk agar manusia dapat melihat dirinya. yang dapat kita ketahui adalah tanda keberadaan jin, misal diganggu oleh jin dengan menjelma bentuk untuk menampakan diri di rumah maupun di tempat tertentu, atau orang sering kesurupan apabila memasuki tempat tersebut.

Apabila sudah diganggu oleh setan ataupun jin, maka solusi untuk mengusir jin yaitu dengan Ruqyah ataupun membaca doa-doa dari ayat Al Qur’an. Demikian juga masalah mengenai deteksi jin pada tubuh seseorang. Tidak ada orang yang dapat mengetahui keberadaan jin secara pasti di tubuh seseorang tersebut. Oleh karena itu, untuk memastikan keberadaan jin yang telah memasuki tubuh seseorang dapat di lihat dari tanda tersebut :

Tanda atau Gejala Saat Terjaga

1. Tubuh terasa lemah, tidak ada semangatnya

2. Malas untuk melakukan aktifitas, terutama untuk beribadah kepada Alloh

3. Banyak melamun, senyum atau bicara sendiri

4. Tiba-tiba tertawa ataupun menangis tanpa ada masalah

5. Sering merasakan adanya getaran, hawa menjadi dingin atau panas, jantung berdebar-debar, kesemutan atau sesak nafas ketika membaca Al Qur’an

Tanda atau Gejala Saat Tertidur

1. Banyak tidur dan mudah sekali mengantuk, atau sebaliknya susah tidur tanpa sebab.

2. Sering mengigau, melakukan gerakan aneh seperti mengunyah keras hingga beradu gigi.

3. Sering bermimpi buruk atau seram seperti bermimpi bertemu binatang ular, kucing, anjing, srigala dan lain sebagainya seakan menyerang.

4. Bertemu dengan Jin yang berubah wujud menjadi seseorang yang diinginkan.

5. Ketika tidur merasakan seperti ada yang mencekik leher, menggelitik atau menindihnya.

 Itulah beberapa tanda keberadaan jin yang telah memasuki tubuh manusia. Lalu amalan apa yang dapat mengusir jin tersebut ? Berikut adalah amalan yang dapat mengusir jin yang dapat dilakukan.

1. Membaca surat Al Baqarah
Cara paling efektif untuk mengusir jin di dalam rumah yaitu membaca surah ini. Ibnu Mas’ud pernah berkata bahwa : sesunggunya jin ataupun setan, apabila mendengar surah ini dibaca di rumah kalian, maka dia akan keluar dari rumah itu selama tiga hari (HR Ad Darimi 3422).

2. Melakukan Ruqyah dengan Surat Ash Shaffat Ayat 1-10
Caranya bagi orang yang ingin melakukan Rugyah, diharuskan tubuh harus suci dari hadats kecil maupun besar, kemudian berwundu. Lalu siapkan seember air yang sudah dicampuri garam, setelah itu niatkan dalam hati dan bacalah surah ini, pada saat membaca mulut kita didekatkan pada air sampai sebagian ludah/hawa kita terkena air tersebut. Sesudah itu, air tersebut di percikkan pada tempat yang angker atau ada gangguan Jinnya, atau bisa langsung di guyurkan pada orang yang terkena gangguan jin tersebut. insyaAlloh akan cepat reaksinya.

Apabila rumah anda agar tidak dihuni oleh makhluk ghaib seperti setan ataupun jin yang suka menggangu, anda dapat melakukan cara dibawah ini :

1. Rajin membaca Al Qur’an serta melaksanakan ibadah apapun di dalam rumah.

2. Membaca doa ketika ingin keluar atau masuk ke rumah.

3. Jauhkan rumah anda dari gambar makhluk bernyawa

4. Membaca doa ketika ingin makan.

5. Jika ingin mendengarkan music, gantilah dengan orang yang sedang mengaji.

6. Membaca doa saat ingin menutup pintu rumah.

Baca Juga : 5 Manfaat Surat Taha Ayat1-5 Yang Menakjubkan

Demikian beberapa penjelasan kami tentang manfaat surat Al Jin yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan sekarang ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu anda untuk cara mengusir jin dari rumah, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, kami mohon maaf. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca ulasan diatas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon