5 Manfaat Surat Taha Ayat 1-5 Yang Menakjubkan

Manfaat surat Taha ayat 1-5 - Hitensian – Dalam ulasan sekarang ini admin akan berbagi tentang beberapa khasiat surat taha ayat 1-5. Sebenarnya dari ayat 39 ataupun 69 memiliki keutamaan, keistimewaan ataupun fadhilah yang luar biasa. Surah thaha ialah surat ke 20 dari Al Qur’an yang memiliki 135 ayat merupakan golongan dari surah Makkiyah.

5 Manfaat Surat Taha Ayat 1-5 Yang Menakjubkan
Manfaat Surat Taha Ayat 1-5
Surat ini dinamakan thoha karena diambil pada ayat pertama, dari banyaknya ayat di dalam surat ini, yang sering dijadikan amalan wirid yaitu ayat 1-5, 39 dan 69 karena ayat ini mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa. Lalu apa saja manfaat surat Taha ? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Baca Juga : 9 Manfaat Sholawat Nuridzati Yang Luar Biasa

Khasiat dan Manfaat Surat Taha

1. Dapat Melembutkan Hati Yang Keras
Dikisahkan bahwa Sayyidina Umar Al Khattab ra adalah seorang Quraisy yang dihormati dan disegani dimasa itu. Banyak orang yang takut kepada beliau, bahkan hampir setengah masyarakat di Quraisy tunduk terhadap beliau. Ketika itu, datanglah Nabi Muh SAW yang ingin menyebarkan ajaran islam di Quraisy, akan tetapi Umar merupakan orang yang paling keras hatinya selalu menentang Nabi Muh SAW, dan mempertahankan ajaran dari masyarakat disitu. Menurut beberapa cerita didapat bahwa pada masa itu umar memiliki pikiran untuk menyingkiran Nabi Muh SAW karena adiknya ikut memeluk islam.

Dalam perjalanan pulang, Umar bertemu dengan seseorang untuk menghasut Umar agar menyingkirkan adiknya juga karena telah berhianat. Setelah melakukan percakapan tersebut, Umar kemudian pergi dan pulang ke rumah. Akan tetapi ketika ingin masuk ke dalam rumah, terdengarlah suara orang yang sedang membaca Al Qur’am, suara itu sangat indah sekali yang dapat menggetarkan hati seseorang. Setelah Umar masuk, ternyata adiknya sendiri yang telah membaca Al Qur’an yaitu surat taha ini tersebut.

Ketika Sayyidina Umar Al Khattab ra mendengar suara indah dari surat taha itu, mukjizat pun datang kepada beliau. Yang dahulu selalu menentang ajaran Nabi Muh SAW, kini Umar tidak menentang Rasululloh lagi dan mau mendengarkan ajaran dari beliau tersebut. Hingga sampai akhirnya Umar masuk Agama Islam dan berjanji di depan Rasululloh untuk membela Agama yang sempurna itu sampai mati.
Tindakan Umar masuk Islam ini telah menggemparkan masyarakat Quraisy di sana, dan mereka tidak percaya bahwa Sayyidina Umar Al Khattab ra masuk islam. Hal tersebut karena dahulu Umar adalah orang terkuat yang menentang Islam. Malaikat jibril turun dan berseru kepada Nabi Muh SAW : Ya Rasul, sesungguhnya seluruh makhluk yang ada di langkit dan di bumi bergembira dengan islamnya Umar (HR  At Thabarani).

Setelah itu, Nabi Muh SAW menggelarkan Umar sebagai Al Faruq, karena Umar dapat membedakan suatu pekara yang Haq dan yang batil. Saat ditanya oleh sahabat Rasululloh SAW : Bagaimana engkau bisa mendapatkan gelar Al Faruq, Umar pun menjawab : Ketika itu aku bertanya kepada Rasululloh SAW :

Umar berkata : Ya Rasul, adalah kita dalam kebenaran ?

Nabi Muh SAW menjawab : Benar.

Umar berkata kembali pada Rasululoh : Jika itu benar, Kenapa kita beribadah sembunyi-sembunyi.

Kemudian kita masuk ke dalam Masjidil Haram untuk mengerjakan sholat disitu. Ketika itu orang di dekat Masjidil Haram semua melihat kearah kami dengan pandangan yang sangat marah. Oleh karena itu, Nabi Muh SAW menggelarkan Al Faruq ini kepadaku. Dengan islamnya umar, yang dahulu melakukan sholat secara sembunyi-bunyi, kini terang-terangan.

Dari kisah itulah surat taha ayat 1-5 dijadikan suatu amalan untuk melembutkan hati yang keras. Cara mengamalkan : Niatkan dalam hati, kemudian baca ayat 1-5 sebanyak 3x pada telinga orang yang keras hatiya pada saat tertidur secara istiqomah. insyaAlloh apa yang di inginkan akan terjadi.

2. Meluaskan Rezeki
Rezeki itu datangnya dari Alloh, oleh karena itu tanpa berusaha maupun berdoa maka rezeki tidak akan datang begitu saja. Jadi tetaplah berusaha jangan putus asa dan memperbanyak membaca Al Qur’an, salah satu membaca surat taha setiap pagi hari sebelum beraktifitas, insyaAlloh rezeki akan mudah di dapat, amalan ini sangat baik dikerjakan bagi pedagang atau pengusaha (Kitab Amal Yaum Wa Lailah, hal 282).

4. Dikabulkan Hajatnya
Setiap manusia pasti mempunyai suatu keinginan, keinginan itu terdapat dua macam, keinginan yang mustahil terjadi dan keinginan yang bisa terjadi. Jadi, apabila mempunyai suatu keinginan yang bisa terjadi, akan tetapi belum dikabulkan Alloh, maka rajin membaca surah ini sebelum berdoa, insyaAlloh hajat kita akan dikabulkan Alloh.

5. Disayangi dan Dicintai Semua Oarang
Surat taha dari ayat 39 ini mempunyai manfaat yang dapat menimbulkan rasa cinta kasih terhadap sesama manusia. Apabila anda ingin dikasihi oleh semua orang, maka bacalah ayat ini setiap selesai menjalankan sholat lima waktu. maka insyaAlloh dengan mengamalkan ayat ini secara istiqomah, orang akan menaruh cinta kasih terhadap kita.

Baca Juga : 8 Manfaat Surat Al Jin Yang Sangat Luar Biasa

Itulah penjelasan kami tentang beberapa manfaat surat taha ayat 1-5. Semoga dengan membaca tulisan saat ini, akan lebih menambah semangat kita untuk selalu membaca Al Qur’an secara istiqomah salah satu surah thaha ini. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon