10 Manfaat Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir Dahsyat

Manfaat surat Al Hasyr - Hitensian – Pada kesempatan berbahagia ini kami akan menulisan beberapa khasiat surat Al Hasyr ayat 21-24 terakhir. Bagi pembaca belum mengetahui apa saja kegunaan dari surah tersebut, maka luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel sekarang ini. Karena sungguh luar biasa tentang fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan dari surat tersebut apabila dijadikan bacaan wirid setiap hari.

10 Manfaat Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir Dahsyat
Khasiat Aurat Al Hasyr
Surat Al Hasyr ialah surah ke 59 dari Al Qur’an. Surat tersebut tergolong dalam surah madaniyah yang telah mempunyai 24 ayat. Surah tersebut turun bersamaan dengan cerita Bani Nadhir tahun keempat Hijriyah. Perang bani Nadhir tersebut terjadi sesudah perang Uhud ataupun sebelum perang Ahzab. Dikisahkan bahwa Rasululloh SAW bersama para sahabatnya datang ke Banu Nadhir, sesudah tiba, mereka pun menyabut beliau secara gembira, namun diantara mereka terdapat beberapa orang yang menyendiri dan mengatur bagaimana cara menyingkirkan beliau Rasululloh SAW tersebut.

Baca Juga : 15 Manfaat Surat Al Kautsar Yang Mengejutkan

Khasiat dan Manfaat Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir

Akan tetapi rencana tersebut gagal, sebab Alloh memberikan ilham tentang rencana mereka. Sehingga terjadilah peperangan tersebut, beliau pun mengutus para sahabatnya untuk bersiap melawan Bani Nadhir, karena mereka telah membatalkan perjanjian damai dan melakukan pemberontakan kepada Rasululloh SAW. Dari kisah-kisah dahulu, maka surah ini memiliki fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang besar. Lalu apa saja manfaat surat Al hasyr tersebut ? berikut ulasannya.

1. Dihapus Kesalahan Yang Dilakukan
Nabi Muh SAW bersabda bahwa : Siapa setiap hari surat ini dibaca pada ayat terakhir, apabila dirinya meninggal di hari itu, maka Alloh akan menghapus segala perbuatan yang dilakukan dan mencatat dirinya mati syahid (HR Ibnu Marduwaih).

2.Dijauhkan dari Godaan Saitan
Pada saat itu, sahabat rasul sedang berbicara pada Jin dan bertanya : Jin maukah engkau memberitahu kami tentang surat apa yang dapat melindungi kami dari godaan saitan ? Jin itu menjawab : Surat yang dapat melindungi kalian dari godaan saitan ialah surat Al Baqarah, Al Hasyr dan Ayat Kursi (HR Ibnu Marduwaih).

3. Akan Dikabulkan Doanya
Nabi Muh SAW juga bersabda bahwa : Jika engkau mempunyai suatu keinginan pada Alloh, akan tetapi belum terkabulkan, maka di setiap doa yang kamu panjatkan, maka bacalah surat Al Hasyr, karena sesungguhnya surat ini akan menjadikan doamu lebih mustajab.

4. Pengobatan Segala Penyakit
Nabi Muh SAW pernha bersabda bahwa : Ketika malaikat Jibril turun dan mengantarkan surat Al Hasyr ini, Jibril berkata : Wahai Rasul, letakanlah surah ini diatas kepala kamu, sesungguhnya surat ini akan menjadi penyembuh segala penyakit kecuali kematian (HR Khatib Al Baqhadadi).

5. Untuk Memohon Suatu Hajat
Pada saat itu nabi Muh SAW bertemu sahabatnya bernama Baro’ bin Azib ra. Sahabat itu bertanya kepada beliau : Ya rasul, maukah engkau beritahu aku supaya doaku di kabulkan Alloh ? Beliau hanya tersenyum dan menjawab pertanyaan dari Baro’ bin Azib ra : Jika engkau ingin doamu lebih mujarab dan di ijabah oleh Alloh. Bacalah 10 ayat pertama dari surah Al Hadid, lalu bacalah surat Al Hasyr (HR Ali Abdur Rahman).

6. Meninggal Dalam Keadaan Sahid
Nabi Muh SAW pernah memerintahkan kepada seorang laki-laki tua yang sakit parah yang tidak berdaya di tempat tidurnya. Beliau menyuruhnya untuk menyempatkan membaca surah ini, beliau bersabda : wahai umatku, bacalah surat ini sebelum ajalmu datang, karena sesungguhnya surat ini akan membawakanmu mati sakit apabila engkau meninggal (HR Ibnu Sunni).

7. Dapat Mengganti Amalan Yang Sudah Terlewatkan
Nabi Muh SAW pernah bersabda kepada para sahabatnya : Apabila engkau membaca surat ini di pagi hari, maka engkau telah mengejar amalan yang sudah lewat malam hari, dan jika dibaca pada sore harinya, maka engkau sudah mengejar amalan yang sudah lewat di pagi hari (HR Ibnu Dhoris).

8. Mendapatkan Pintu Surga
Nabi Muh SAW pernah juga bersabda bahwa : Jika ada orang sedang sakaratul maut, maka tuntulah dirinya membaca ashadualla ilaha illallah atau surat Al Hasyr ayat terakhir, apabila dirinya tutup usia, maka akan dicatat malaikat sebagai mati sahid dan dirinya akan masuk surga yang penuh kenikmatan (HR Tirmidzi)

9. Keselamatan (Penjaga Diri)
Nabi Muh SAW bersabda bahwa : Siapa dibaca surah ini pada ayat terakhir 3x di pagi hari, maka 70.000 malaikat akan mendoakan dirinya keselamatan hingga sore tiba, namun apabila dirinya meninggal di siang itu, maka dicatat sebagai mati syahid. Namun jika dibaca 3x di sore hari, jika dirinya mati di malam itu, maka dirinya akan di catat malikat sebagai syahid (HR Tirmidzi).

10. Memberikan Syafa’at
Nabi Muh SAW juga bersabda : Wahai umatku, sempatkan untuk membaca surat ini setiap malam sebelum tidur, sesungguhnya angungnya surat Al Hasyr ini akan memberikan syafa’at bagimu (HR Ibnu Sunni).

Baca Juga : 20 Manfaat Doa Nurbuat Yang Sangat Luar Biasa

Demikian beberapa pembahasan kami mengenai manfaat surat Al Hasyr ayat 21-24 terakhir. Semoga dengan membaca tulisan ini akan menambah keinginan kita untuk istiqomah membaca surah ini setiap hari. Dan terimakasih telah menyempatkan untuk membaca pada pokok pembahasan sekarang ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon