10 Manfaat Surat Yusuf Yang Sungguh Luar Biasa

Manfaat surat Yusuf - Hitensian Dalam pembahasan sekarang akan berbagi tentang khasiat surat Yusuf. Mungkin bagi pembaca sudah tidak asing tentang berbagai amalan surat yusuf dari 4, 31, 68 bahkan dengan surat maryam maupun taha. Selain dijadikan suatu amalan, surah ini juga sangat baik dibaca untuk ibu hamil ataupun bagi wanita hamil.

10 Manfaat Surat Yusuf Yang Sungguh Luar Biasa
Khasiat Surat Yusuf
Banyak sekali tentang keisitimewaan, keutamaan maupun fadhilah dari surat yusuf tersebut. Surah ini ialah surat ke 12 dari Al Qur’an dan merupakan gologan dari surah Makkiyah terdiri dari 111 ayat. Dalam ayat tersebut menceritakan tentang pelajaran penting tentang kehidupannya dalam menjalankan tugas sebagai seorang Nabi. Bahkan menurut cerita dari Al Baihaqi di katakan bahwa terdapat golongan seorang yahudi masuk islam disebabkan sudah mendengar kisah beliau tersebut.

Baca Juga : 4 Manfaat Membaca Surat Maryam Yang Menakjubkan

Khasiat dan Manfaat Surat Yusuf

Bahkan dari kisah para nabi sebelum beliau, nabi yusuf ialah kisah yang di akui Alloh sebagai Ahsanul Qashash (kisah paling baik). Kisah tersebut bermula bahwa beliau telah bermimpi bahwa melihat 11 bintang, matahari dan bulan bersujud kepadaku. Akan tetapi ayahnya nabi Yaqub menuruh untuk tidak bercerita mimpi itu kepada siapapun bahkan dengan saudara-saudaranya sendiri, sebab akan mencelakakannya.

Hal itu, karena beliau ialah anak bungsu dari ke 12 dengan saudaranya. Sehingga beliau memperoleh perhatian yang lebih di bandingkan saudaranya yang lain. Hal inilah yang dapat membuat kecemburuan terdahap saudaranya, bahkan sebelas saudaranya berencana untuk bisa mencelakakan beliau.

Dikisahkan bahwa pada saat itu, 11 saudaranya meminta izin ayahnya untuk mengajak Nabi Yusuf bermain di luar. Dan mereka berjanji pada ayahnya untuk menjaga beliau dengan baik, sampai akhirnya nabi Yaqub pun mengizikan Nabi Yusuf untuk pergi bermain bersama dengan sebelas saudaranya.

Saat matahari mau terbenam, sebelas saudaranya berselisih dan bertukar pendapat tentang bagaimana untuk menyingkirkan beliau. Ada yang berpendapat langsung di bunuh ada yang berpendapat melemparkan beliau ke dalam sumur. Supaya tidak di curigai ayahnya dan tidak meninggalkan jejak tersebut, saudaranya sepakat untuk melemparkan beliau di sumur.

Setelah itu sebelas saudaranya langsung meninggalkan sumur itu dan pulang kerumah dan menceritakan kejadian untuk berbohong kepada ayahnya. Akan tetapi, dalam beberapa waktu terdapat sebuah rombongan khafilah ingin mengambil air di sumur tersebut, dan ternyata di sumur itu terdapat seorang anak laki-laki masih hidup. Lalu mereka mengangkatnya dan membawanya ke mesir untuk dijual.

Ketika itu, terdapat seorang raja di mesir bernama Al Aziz telah bermimpi sangat aneh. Di ceritakan bahwa mimpi raja itu ialah melihat 7 ekor sapi kurus dan 7 ekor sapi gemuk berkelahi, akan tetapi sapi kurus dapat mengalakah sapi gemuk tersebut, dan raja itu juga bermimpi terdapat bulir gandum hijau dan bulir gantung kering.

Kemudian raja menyuruh seseorang yang dapat meramal mimpi itu, namun tidak ada seseorang yang dapat mengartikan mimpi itu, kecuali nabi Yusuf. Kemudian raja menyuruh beliau untuk menghadap raja mesir tersebut untuk mengartikan mimpi tersebut. Beliau pun menjawab bahwa 7 tahun akan datang masa subur, dan 7 tahun lg akan datang masa kering. Beliaupun menyarankan bahwa pada saat memanen, gandum digunakan secukupnya, sedangkan sisanya di simpan untuk digunakan pada masa kering nanti.

Hingga sampai pada kisah bahwa beliau di tuduh melakukan hal senonoh kepada istri raja mesir tersebut. Walaupun beliau sempat tergoda dengan kecantikan di miliki istri mesir tersebut. kemudian datanglah raja mesir itu, sampai pada akhirnya istri raja itu menfitnah beliau dengan berkata bohong kepada raja mesir.

Akan tetapi Al Aziz tidak percaya begitu saja, lalu raja tersebut mencari tahu tentang kebenarannya yang terjadi. Akan tetapi terdapat seseorang penasehat yang mengatakan bahwa, jika baju beliau robek di depan berarti Nabi Yusuf telah berbohong, akan tetapi jika robek di belakang maka istri rajalah yang berbohong. Kemudian raja itu menyuruh untuk memeriksa baju tersebut, dan ternyata baju itu robek di belakang, sehingga beliau terlepas dari hukuman raja.

Itulah beberapa kisah nabi Yusuf, dari kisah beliau ayat 1-111 bahwa beliau merupakan orang yang :

1. Penyabar

2. Teguh dalam menjaga diri

3. Membalas kejahatan dengan kebaikan

4. Pemaaf

5. Dapat menahan amarah

6. Kecerdikan dalam berdakwah

7. Mendoakan kebaikan untuk orang berbuat zalim kepadanya.

Dari kisah beliau tersebut, maka surat yusuf sering dijadikan suatu amalan yang luar biasa. Lalu apa saja manfaat surat yusuf ? untuk lebih jelasnya anda dapat melanjutkan membaca ulasan berikut ini :

Khasiat dan Manfaat Surat Yusuf

1. Bagi siapa surat Yusuf ayat 64 dibaca, maka dirinya terhindar dari kepahitan serta kesukaran hidup.

2.  Barang siapa surah ini dibaca seluruhnya setiap hari, maka Alloh akan memberikan kemuliaan serta meluaskan rezekinya.

3. Jika siapa dibaca ayat 68 dari surat ini, maka Alloh menjadikan anaknya yang sholeh, namun apabila belum mempunyai anak, maka jika anak itu lahir jadilah anak yang sholeh.

4. Jika siapa yang belum memperoleh jodoh sampai sekarang, maka bacalah surat yusuf ayat 4 setiap mengerjakan sholat, yang di dasari niat untuk cepat menikah.

6. Bagi siapa ingin menumbuhkan rasa cinta kepada pasangannya, maka bacalah surat yusuf ayat 4 apabila ingin bertemu denganya.

7. Apabila ingin menentramkan suatu hubungan keluar ingin menjadi harmonis, maka bacalah ayat 4 sebanyak 7x setiap selesai sholat.

8.  Jika ingin terlihat wajah berseri, di senangi dan di kasihi orang, maka bacalah surat yusuf ayat 4 dengan surat taha ayat 36 sesudah menyelesaikan sholat.

9. Jika ingin memperoleh daya kharisma, maka bacalah ketika pagi hari sesudah sholat subuh serta malam hari sesudah sholat maghrib.

10. Imam Ja’far Ash Shdiq mengatakan bahwa : Siapa surah ini dibaca setiap malam, jika dia meninggal, maka pada hari kiamat dirinya akan di bangkitkan dengan wajah yang indah, serta dia tidak akan di timpa azab alloh dan dituliskan sebagai hamba yang sholeh. (Ats Tsaqalayn 2:408).

Baca Juga : 8 Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Sangat Mengejutkan

Demikian beberapa manfaat surat yusuf  yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan saat ini. Namun perlu di ingat bahwa orang yang benar-benar memiliki tujuan yang baik, maka akan memperoleh manfaat tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda tentang surat yusuf.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon