15 Manfaat Surat Al Kautsar Yang Mengejutkan

Manfaat Surat Al Kautsar - Hitensian - Hallo sobat pembaca, dalam ulasan sekaran ini akan membahas tentang berbagai khasiat surat Al Kautsar. Sebenarnya banyak sekali tentang keutamaan, fadhilah ataupun fadhilah dari surah ini. Mungkin sedikit dari banyak orang juga ada yang masih belum mengetahui apa saja keunggulan dari surat ini.
15 Manfaat Surat Al Kautsar Yang Mengejutkan
Manfaat Surat Al Kautsar
Surat Al Kautsar yaitu surah ke 108 dari Al Qur’an yang tergolong dari surat Makkiyah yang telah diturunkan di Mekkah dan mempunyai 3 ayat saja, sehingga sangat mudah untuk di hafalkan untuk semua umat muslim. Walaupun surah ini termasuk salah satu surah pendek dari Al Qur’an, namun memiliki banyak sekali rahasia yang belum banyak diketahui.

Baca Juga : 20 Manfaat Doa Nurbuat Yang Sangat Luar Biasa


Khasiat dan Manfaat Surat Al Kautsar

Banyak diantara para ulama memberikan tafsir dari makna arti surat tersebut. Menurut beberapa ulama berpendapat bahwa arti Al Kautsar yaitu memiliki sebuah arti tentang sungai di surga, ilmu ilmu fiqh, perkara agung, kalimat syahadat dan telaga nabi di mahsyar. Dari para ulama yang berbeda-beda pendapat, yang paling kuat makna arti dari surat tersebut ialah “Sungai di Surga”. Hal tersebut karena berdasarkan hadist yang menyatakan :

Anas ra pernah berkata bahwa : Pada saat beliau Rasululloh SAW sudah mengantuk, beliau tiba-tiba mengankat kepalanya, kemudian kami bertanya kepada beliau : Apa yang membuat engkau terbangun Ya Rasululloh ? Lalu beliau bersabda bahwa : Tadi telah diturunkannya surah kepadaku, beliau kembali bertanya : Apa diantara kalian mengetahui arti Al Kautsar ? kami menjawabnya : Alloh dan rosul-Nya lebih mengetahuinya.

Rasululloh SAW bersabda : Al Kautsar memiliki subuah arti “Sungai di Surga” yang telah di janjikan oleh Alloh kepadaku, sungai itu memiliki kebaikan yang sangat besar, yang merupakan sebuah telaga yang akan di datangi oleh semua umat-umatku pada hari kiamat, benjana di telaga tersebut ialah sejumlah bintang di langit (HR Al Baihaqi 2/63).

Kandungan dari Al Kautsar

1. Ayat Pertama
Menjelaskan tentang agar kita untuk selalu bersyukur, karena Alloh sudah memberikan berbagai nikmat-nikmat banyak pada Nabi Muh SAW serta seluruh umatnya.

2.  Ayat Kedua 
Menjelaskan tentang sebuah perintah untuk menjalankan kewajiban kita, seperti melaksanakan sholat lima waktu serta untuk berkorban, itu sama hal untuk meminjamkan pada Alloh harta di jalan Fiisabilillah.

3. Ayat Ketiga
Menjelaskan tentang bagi siapa orang yang membenci Rosululloh SAW, maka akan terputus berbagai kenikmatan tersebut.

Khasiat dan Manfaat Surat Al Kautsar

1. Hutang Cepat Lunas
Apabila mempunyai hutang dan ingin cepat lunas, bacalah surah ini 313x setiap mengerjakan sholat wajib, dan setiap hari jum’at pagi usahakan dengan ikhlas untuk beramal kepada anak Yatin dengan jumlah nilai semampu kita, maka Alloh akan membukakan pintu rezeki, sehingga hutang akan segera terbayar.

2. Bertemu Rasululloh SAW Dalam Mimpi
Apabila ingin bertemu Nabi Muh SAW, maka bacalah 1000x surah ini, kemudian baca shalawat nabi 1000x pada saat malam jum’at, maka di dalam mimpi kita akan bertemu dengan Rasululloh SAW dengan wajah yang bercahaya.

3. Untuk Hajat
Jika mempunyai hajat, maka mintalah kepada Alloh dengan Al Kautsar, caranya pada saat turun hujan bacalah surah ini sebelum berdoa kepada Alloh, maka doa akan lebih mustajab sehingga akan cepat terkabulkan.

4. Agar Tetap Sehat
Apabila ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain menghindari makanan berbahaya serta melakukan aktifitas olah raga, maka kita juga mengamalkan untuk membaca surat ini 3x secara istiqomah, karena surah ini dapat menjaga tubuh kita agar selalu tetap sehat dalam menjalankan suatu aktifitas sehari-harinya.

5. Jika dalam perjalanan jauh anda merasa haus, namun disaat itu tidak ada air untuk di minum, maka bacalah surat ini 1x, kemudian hembuskan pada tangan kanan, setelah itu gosokkan pada leher anda, maka rasa haus yang anda rasakan menjadi berkurang.

6. Melancarkan Rezeki
Apabila saat ini tidak kecukupan dalam masalah ekonomi, bacalah surah ini 11x pada saat pagi hari sebelum anda melakukan aktifitas, wirid ini sangat bagus sekali apabila di amalkan para pedagang supaya hasil di dapat memuaskan.

7. Memperoleh Kedudukan
Syekh Ya’kub mengatakan bahwa : Jika ingin memperoleh suatu kedudukan maupun melancarkan rezekinya, maka membiasakan untuk membaca surat ini 212 setiap hari, maka apa yang diinginkan akan tercapai.

6. Sebagai Alarm
Jika anda ingin bangun tidur pada jam tertentu, misal bangun jam 2 malam untuk melakukan sholat tahajjud, maca sebelum tidur niatkan dalam hati untuk bisa bangun pada jam tersebut, lalu bacalah surat ini 7x, maka akan bangun pada jam yang ditujukan itu.

7. Hati Menjadi Tenang dan Tidak Gelisah
Jika surah ini dibaca secara istiqomah setiap harinya dalam waktu luang anda, maka akan membuat hati kita lebih tenang, tentram dan selalu bersemangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

8. Lawan Menjadi Tunduk
Apabila ingin bertemu orang yang tidak suka atau memusuhi kita, maka niatkan dalam hati dan bacalah 11x, maka orang yang di tuju akan menjadi takut terhadap kita.

10. Pengobatan Penyakit
Jika terdapat teman, saudara ataupun keluarga sedang sakit, maka bacalah surat ini 2x pada air gelas berisi air, kemudian minumkan orang sedang sakit tersebut, insyaAlloh sakit yang di derita akan menjadi berkurang.

11. Selalu di Cintai dan di Sayangi Suami atau Istri
Apabila ingin hubungan keluarga anak menjadi lebih harmonis serta saling menyayangi dan mencintai suami atau istri, maka seringkan untuk mengajak pasangan untuk menjalankan sholat tahajjud, setelah selesai sholat kemudian bacalah surat ini di dasari niatnya. Maka akan mendapatkan keluarga sakinah, mawadah, warohmah dan di jauhkan dari perselingkuhan.

12. Menemukan Letak Sihir
Jika merasa di rumah anda terdapat sihir, niatkan dalam hati dan bacalah surah ini 10x dengan mata yang tertutup, maka dengan pandangan tersebut, letak sihir yang berada di rumah anda akan terlihat.

13. Mengungkapkan Kebenaran
Jika anda tidak bersalah, akan tetapi di tuduh dan di fitnah oleh seseorang, maka bacalah surah ini 71x, kemudian berdoalah, maka Alloh akan menolong dan mengungkapkan kebenaranya.

14. Menyembuhkan Penyakit Kulit
Jika ada sahabat, saudara maupun keluarga yang sedang menderita penyakit kulit seperti gatal-gatal atau lain sebagainya yang tidak kunjung sembuh padahal sudah berobat, maka bacalah surat ini dengan cara siapkan wadah lalu di isi dengan air tawar, kemudian bacalah 11x, setelah itu usapkan pada bagian yang sakit.

15. Dapat Merasakan Air di Surga
Imam Al Baidhawi mengatakan bahwa : Siapa setiap hari membaca surat Al Kautsar, Alloh akan memberinya air minum dari surga yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan.

Baca Juga : 10 Manfaat Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir Dahsyat

Pendapat diatas juga serupa dari Kitab Tartib Al Amali Al Khomiaiyah 128).
Itulah beberapa ulasan kami tentang beberapa manfaat surat Al Kautsar, dengan membaca tulisan diatas, akan menambah kita untuk selalu mengamalkan surat ini secara istiqomah. Semoga informasi ini dapat menjadi bermanfaat dan berguna kepada pembaca, dan terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca sedikit penjelasan tentan surat ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon