34 Manfaat Surat Al Ikhlas Yang Sangat Menakjubkan

Manfaat surat Al Ikhlas Hitensian - Dalam kesempatan berbahagia sekarang akan berbagi tentang berbagai macam khasiat membaca surat Al Ikhlas dan artinya. Memang manfaat surat Al Ikhlas sangat banyak sekali untuk jodoh, membuka mata batin, kesembuhan, pengasihan hingga untuk orang yang sudah meninggal. Surat atau diseb ut dengan surah Al Ikhlas ini ialah salah satu surat pendek di dalam kitab suci Al Qur’an. Terkadang surat ini sering kita baca hampir setiap hari ketika ingin mengerjakan sholat maupun sedang berdzikir.

34 Manfaat Surat Al Ikhlas Yang Menakjubkan
Manfaat Surat Al Ikhlas
Karena surat ini adalah salah satu surah pendek di dalam Al Qur’an seperti surat Al Falaq maupun An Nas. Nabi Muh SAW juga tidak lepas untuk membaca manfaat surat Al Ikhlas tersebut. Selain itu, surah ini banyak mengandung makna penting serta mendalam. Walaupun surat ini pendek, namun memiliki suatu kedudukan tinggi yang setara dengan sepertiga Al Qur’an.

Baca Juga : 15 Manfaat Membaca Surat Al Mulk Yang Menakjubkan

Khaisat dan Manfaat Surat Al Ikhlas

Pada pokok pembahasan yang singkat ini, kita akan membahas tentang berbagai macam fadhilah, keutamaan dan keistimewaan dari manfaat surat Al Ikhlas seperti kandungan penting di dalamnya, agar kita dapat menambah kekhusukan kita ketika membaca surah ini agar memperoleh khasiat yang menakjubkan. Surat Al Ikhlas ialah surah ke 112 di Al Qur’an memiliki 4 ayat. Surah ini juga termasuk golongan Makkiyah. Dalam beberapa hadits menyimpulkan bahwa Nabi Muh SAW pernah bersabda yakni bahwa surat ini pahala seperti membaca sepertiga Al Qur’an.

Surah Al Ikhlas ialah salah satu surat di Al Qur’an yang sangat mudah di hafalkan sebab pendeknya dari surat tersebut. Sehingga banyak diantara kita mungkin setiap hari selalu membacanya di saat sedang menunaikan sholat maupun melakukan berdzikir. Namun terkadang sedikit dari banyak orang juga belum mengetahui tentang hal manfaat surat Al Ikhlas. Maka dari itu, dalam kesempatan berbahagian kami akan berbagi tentang kedahsyatan membaca surat Al Ikhlas diantaranya :

Khasiat dan Manfaat Surat Al Ikhlas

1. Dalam manfaat surat Al Ikhlas pertama bahwa Aisyah RA pernah mengatakan bahwa : Nabi Muh SAW bersabda bahwa surat itu ialah surat yang menggambarkan sifat Arrahman, sehingga Alloh menyukainya (HR Bukhari No:6827)

2. Abu Hurairah Ra berkata bahwa : aku pernah bersama beliau, ketika itu beliau sedang mendengar orang sedang membaca Al Ikhlas berulang-ulang. Kemudian beliau pun bersabda : “Dia telah mendapatkan” kemudian aku pun bertanya kepada beliau : mendapatkan apa Rasululloh ? Beliau menjawab : Al Jannah (Surga), (HR Tirmidzi 5/167 no 2897).

3. Saat Nabi Muh SAW masuk Masjid, beliu mendengar orang membaca dengan isi dari surat Al Ikhlas bertujuan untuk minta ampun kepada Alloh SWT, beliau pun bersabda : Sungguh ia sudah di ampuni dosa-dosanya (HR Abu Dawud 1/259 no 985).

4. Nabi Muh SAW bersabda : Bacalah 3 surah ini yaitu Al Falaq, An Naas dan Al Ikhlas, maka Alloh melindungi kita dari macam segala keburukan (HR Nassa-i 8/251 no 5430-5431).

5. Jarir Al Bajari Ra mengatakan : Siapa orang terbiasa membaca Al Ikhlas sebelum masuk rumah, maka Alloh menghilangkan kemiskinan pemilik rumah itu (HR Thobroni).

6. Anas RA juga pernah mengatakan bahwa : terdapat sahabat bertanya kepada beliau : Ya Rasul, aku telah mencintai surat Al Ikhlas, beliau bersabda : kecintaanmu terhadap surah itu akan mendapatkanmu Al Jannah (HR al Bukhari, 1/268 no. 741)

7. Abu Sa’id mengatakan bahwa : Siapa surah ini dibaca istigomah, Alloh akan memudahkan baginya dalam urusan duniawi, saat sakaratul maut akan dimudahkan keluar ruh hingga ketika meninggal akan di terangi kegelapan dikuburannya (HR Bukhari).

8. Syyaidah berkata : Siapa ingin membaca surat Al Fatihah, An Naas dan Al Ikhlas 7x pada saat hari jum’at, maka malaikat akan melindungi serta menjaga dari kejahatan sampai hari jum’at yang akan datang (HR Tirmidzi)

10. Nabi Muh SAW bersabda bahwa : Wahai umatku bacalah Al Ikhlas setiap hari, karena pahala surat ini sebanding dengan menghatam Al Qur’an (HR Bukhari).

11`. Anas ra juga pernah berkata : Siapa Al Ikhlas di bawa 200x, maka malaikat mencatat1500 kebaikan, dosa kecil selama 50 th akan di gugurkan, kecuali ia memiliki hutang (HR Tirmidzi, Abu Ya’la).

12. Anas ra mengatakan : Jika setiap hari kamu membaca surat ini pada saat pagi, siang, sebelum tidur, berdiri maupun duduk. Jika dia meninggal di hari itu, maka Alloh mengutus 70 ribu malaikat ikut mensholatkannya (Ibnu Dhoris).

13. Ali ra mengatakan : Siapa yang ingin berpergian jauh, ketika hendak meninggalkan rumah, bacalah Al Ikhlas, maka Alloh akan mengirim malaikat untuk menjaga serta memelihara rumahnya hingga dia kembali ke rumah (HR Ibnu Najjar).

14. Anas ra berkata lagi bahwa, surat Al Ikhlas di baca sebanyaknya dalam keadaan suci baik tempat ataupun badan. Malaikat mencatat setiap hurufnya 10 kebaikan, meghapus 10 keburuan serta menaikan derajatnya (HR Ibnu’Adiy).

16. Ali ra mengatakan bahwa : Apabila di bawa selesai sholat subuh 10x, maka Alloh akan menjaga dari gangguan syaitan (HR Ibnu Asakir).

17. Abdulloh bin Syukhoir ra mengatakan : Apabila orang sakit keras membaca surat Al Ikhlas setiap hari, jika dia meninggal, maka dia tidak akan di ribetkan serta selamat dari fitnah kubur (HR Thabroni).

18. Muh bin Munkadir mengatakan bahwa : ketika beliau di dalam masjid, kemudian mendengar seseorang sedang berdzikir dengan Al Ikhlas secara berulang-ulang. Beliau pun berkata kepada sahabatnya : Sekarang mohonlah sesuatu kepada Alloh, maka Alloh akan mengabulkannya (HR Said bin Manshur).

20. Anas ra juga mengatakan : Apabila surat Al Iklas dibaca hingga 30x setiap hari, jika dia meninggal, maka Alloh membebaskan dia dari siksaan kubur (HR Abu Muh Hassan)

21. Jika anda ingin hutang cepat lunas, cepat punya anak, di luaskan rezeki ataupun memiliki sebuah hajat 4 rokaat dalam sekali salam :

Rakaat 1
Baca Surat Al Fatihah  1x,  kemudian membaca surat Al Ikhlas 11x banyaknya.

Rakaat 2
Baca surah Al Fatihah 1x, lalu dilanjutkan baca surat Al Ikhlas 21x banyaknya.

Rakaat 3
Baca surat Al Fatihah 1x, kemudian membaca surat Al Ikhlas 30x banyaknya.

Rakaat 4
Baca surah Al Fatihah 1x, lalu dilanjutkan baca surat Al Ikhlas 41x banyaknya.

Sesudah salam, lalu di lanjutkan membaca kembali surah Al Ikhlas 50x, Istigfar 50x, Sholawa Nabi 50x, kemudian mengucapkan laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim 50x, setelah itu, minta kepada Alloh dengan cara berdoa, insyaAlloh, hajat akan segera terpenuhi.

22. Selain itu, apabila mempunyai hajat yang mendesak, maka bacalah surah tersebut 1000x pada saat selesai mengerjakan sholat maghrib, lalu minta pada Alloh, insyaAlloh apa diinginkan akan dipenuhi hajatnya.

Manfaat Surat Al Ikhlas dibaca 100x Setiap Hari

Al Ikhlas ialah salah satu surat terdapat di Al Qur’an yang memiliki fadhilah, keutamaan hingga keistimewaan yang menajubkan, apabila dibaca secara istiqomah dengan cara berdizikir dengan surah Al Ikhlas, maka Alloh akan :

23. Meluaskan rezekinya bagi si pengamal tersebut

24. Akan di jauhkan dari penyakit berbahaya

25. Sebagai pelindung dari segala ilmu hitam seperti sihir maupun santet, karena Alloh akan mengirim malaikat untuk menjaganya.

26. Dapat mengugurkan dosa-dosa yang sudah di perbuatnya, dengan cara bertaubat.

27. Sebagai pengobatan, untuk memperoleh kesembuhan bagi orang yang sakit.

28. Akan di kabulkan segala hajatnya

29. Mendapatkan pahala yang besar, karena pahala membaca 3x Al Ikhlas sebanding dengan menghatam Al Qur’an.

30. Akan di jauhkan dari macam bahaya ataupun malapetaka di duniawi.

31. Hati akan menjadi lebih tenang dan tentram, karena selalu meninggat Alloh.

32. Jika pengamal meninggal, akan di jaukan dari siksa kubur.

33. Dapat membuka mata batinya.

34. Sebagai pencari jodoh bagi orang yang belum mendapatkan pasangannya.

Baca Juga : 24 Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Luar Biasa

Demikian beberapa pembahasan kami mengenai khasiat ataupun manfaat surat Al Ikhlas yang belum banyak orang yang mengetahuinya. Dengan membaca informasi sekarang ini, kami berharap kepada anda agar selalu senantiasa membaca surat Al Ikhlas setiap hari.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon