10 Manfaat Surat Ar Rahman Sungguh Dahsyat

Manfaat surat Ar Rahman - Hitensian – Dalam pembahasan saat ini admin akan menginformasikan mengenai beberapa khasiat surat Ar Rahman. Terdapat banyak sekali surat yang mempunyai fadhilah, keistimewaan serta keutamaan yang luar biasa salah satu dalam surat Ar Rahman. Surah ini ialah surat ke 55 dari Al Qur’an, dimana tergolong dari surat makkiyah yang berisi kurang lebih 78 ayat. Mungkin pembaca sudah tahu arti Ar Rahman yaitu Maha Pemurah.

10 Manfaat Surat Ar Rahman Sungguh Dahsyat
Khasiat Surat Ar Rahman

Sebagian besar surat Ar Rahman menceritakan tentang kemurahan Alloh terhadap hambanya dengan cara memberikan suatu nikmat. Dalam surah ini berisi 31 kata berulang-ulang yaitu “Fa biayyi alla’i rabbi kuma tukadzdzi ban” yang artinya ialah “ “Maka nikmat Tuhanmu yang mana kamu dustakan ?” Melalui kalimat tersebut, sebenarnya Alloh telah memberi tahu bahwa manusia memiliki 3 sifat yaitu sifat pelupa, tidak mau berfikir serta kufur nikmat.


Baca Juga  : 8 Manfaat Surat Al Insyirah Yang Mengejutkan

Khasiat dan Manfaat Surat Ar Rahman

1. Manusia Mahkluk Pelua
Banyak diantara manusia lupa apa yang sudah diberikan Alloh kepada kita. Contohnya diberikan rezeki banyak melalui usahanya. Terkadang mereka berfikir bahwa kesuksesan tersebut merupakan kerja kerasanya sendiri, tetapi saat manusia sedang mengalami masalah berat ataupun sulit, barulah manusia ingat kepada Alloh.

2. Tidak Mau Berfikir
Banyak juga diantara manusia tidak mau berfikir bahwa apa saja yang telah Alloh berikan kita sampai saat ini. hendaknya kita selalu untuk bersyukur tentang apa yang kita miliki sekarang.

3. Kufur Nikmat
Banyak diantara manusia yang sudah kufur nikmat. Contohnya diberikan kita nyawa untuk bisa hidup di duniawi, kesehatan, rezeki, jodoh dan umur panjang. Akan tetapi kita terkadang telah kufur nikmat tersebut.

Dari tiga sifat inilah yang di miliki manusia. Semoga dengan membaca ini, kita dapat menjadi lebih baik lagi dan senantiasa selalu mensyukurin nikmat-nikmat Alloh berikan kepada kita. Lalu apa saja manfaat surat Ar Rahman ? jika anda ingin mengetahui tentang manfaat apa saja dari surah ini berikut ulasannya.

1. Nabi Muh SAW pernah bersabda bahwa : Siapa yang membaca surah ini setiap hari, maka Alloh akan mencintai kelemahannya serta akan meridhai nikmat yang sudah di karuniakannya (Nur Ats Tsaqalayn 5/187).

2. Imam Ja’far ash shadiq mengatakan bahwa : Jangan kamu tinggalkan Ar Rahman, bangunlah bersamanya. Karena saat kiamat tiba, tidak ada orang berdiri dekat dari padanya, kecuali orang selalu membaca Ar Rahman.

3. Alloh SWT berfirman : Bagi siapa manusia bangun di tengah malam dan membaca Ar Rahman, maka dia akan diberikan syafa’at serta dimasukan ke surga sebagaimana yang engkau inginkan (Tsawabul A’mal 117).

4. Imam Ja’far ash Shadiq juga mengatakan bahwa : Siapa ketika pada malam hari membaca kalimat “Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban” kemudian menjawab “La bisyay-in min alaika Rabbi akdzibu”, seandainya di malam itu ia meninggal, maka Alloh menyuruh malaikat untuk mencatat sebagai mati syahid. Dan apabila dibaca pagi ataupun siang, dan seandainya meninggal, maka dirinya juga di catat sebagai mati syahid (Tsawabul Amal 117).

5. Jika sampai sekarang belum mendapatkan jodoh  padahal sudah batas umurnya, Maka ingatlah kepada Alloh. Rezeki, mati maupun jodoh ada ditangan Alloh, karena Alloh mempunyai sifat Maha Pemurah. Oleh karena itu, mintalah kepada-Nya dengan cara membaca surah Ar Rahman kemudian berdoa kepada-Nya secara istiqomah dan khusyuk. Maka apa yang di inginkan akan terwujub, karena jodoh merupakan nikmat Alloh yang diberikan kepada kita.

6. Jika anda ingin menikah namun tidak memiliki biaya untuk membelikan suatu mahar. Maka surat Ar Rahman dapat digunakan sebagai mahar nikah. Yaitu dengan cara menghafal surat Ar Rahman (HR Bukhari 5029).

Alloh SWT berfirman bahwa : Birikan mahar apa saja pada wanita yang engkau nikahi, sebagai pemberian penuh kerelaan (QS An Nisa ayat 4).

7. Jika sekarang ini memiliki perasaan cemas, khawatir, gelisah, bahkan tertekan terhadap sesuatu, maka bacalah surat ini sebanyak yang anda bisa. Ketika membacanya bayangkanlah dan rasakan kasih sayang Alloh yang telah diberikan selama ini, maka Alloh akan memberikan ketenangan hati.

8. Apabila ingin mengharmoniskan keluarga, maka hendaklah membaca surat ini sebanyaknya saat selesai mengerjakan setiap sholat, dan berdoalah kepada Alloh agar diberikan kerukunan serta kedamaian sesama keluarga.

9. Ar Rahman juga dapat menimbulkan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia. Oleh karena itu, bacalah setiap hari ketika selesai menjalankan sholat sebanyaknya. Maka insyaAlloh orang yang dekat dengan kita akan menjadi nyaman dan menyenangkan. Sebenarnya amalan ini sangat baik di amalakan oleh para pengusaha, pedagang maupun pembisnis yang membutuhkan komunikasi banyak orang, sehingga akan memperoleh kemudahan untuk menjalankan usahanya.

10. Jika surat ini selalu dibaca setiap hari, maka akan dicintai Alloh sepanjang waktu, dan Alloh akan menjauhkan dari kesempitan, kesukaran ataupun kegelapan hidup.

Kesimpulan kita Dapat Bahwa :

Secara luas kata Ar Rahman dapat diartikan sebagai kasih sayang Alloh pada mahkluk ciptaan-Nya, dan sebuah asma Alloh yang mempunyai nikmat yang panjang.

Banyak juga orang yang tidak mau mensyukuri nikmat Alloh. Sebagai contoh : Nikmat diberikan kesehatan, rezeki, umur panjang, jodoh dan lain sebagainya. Mungkin sedikit dari banyaknya manusia sudah melakukan kufur nikmat.

Dimana dirinya merasa kekurangan maupun merasa tidak adil dan tidak mau untuk bersyukur apa yang kita punya sekarang, maka celaka orang-orang yang telah kufur nikmat tersebut

Akan tetapi jika kita selalu mau bersyukur terhadap apa yang kita miliki sekarang, maka Alloh akan menambah nikmat itu kepada kita semua. Maka sebab itu, marilah kita mensyukuri nikat Alloh berikan kepada kita.

Lalu kapan waktu baiknya untuk membaca surat Ar Rahman ? sebenarnya dalam membaca surah ini tidak ada waktu khusus, dalam arti boleh dibaca saat selesai sholat maupun waktu luang. Paling terpenting ialah tidak ada paksaan untuk membacanya, lebih baik apabila memahami isi dari kandungan tersebut. Apabila tidak bisa secara istiqomah, maka mulai sekarang untuk istiqomah membacanya dalam 7, 40, 100 hari maupun seterusnya.


Baca Juga  : 7 Manfaat Surat Al Fath Ayat 1-4 Yang Luar Biasa

Itulah beberapa ulasan kami tentang manfaat surat Ar Rahman. Sebenarnya banyak sekali fadhilah, keistimewaan maupun keutamaan dari surat ini, yang terpenting adalah tidak ada keterpaksaan untuk membacanya secara istiqomah. Semoga dengan menbaca tulisan ini, akan lebih istiqomah untuk membaca surat Ar Rahman setiap hari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon