8 Manfaat Surat Al Insyirah Yang Sangat Mengejutkan

Manfaat surat Al Insyirah Hitensian – Pada pembahasan sekarang ini akan berbagi informasi kembali tentang berbagai khasiat surat Al Insyirah. Surah ini dalam bahasa arab memiliki arti kelapangan, yaitu merupakan surah ke 94 dari Al Qur’an. Surat tersebut memiliki 8 ayat serta termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang di turunkan setelah Ad-Dhuha. Surah Al Insyirah ternyata mempunyai fadhilah, keutaman maupun keistimewaan yang luar biasa, yang dapat digunakan untuk meluaskan rezeki, jodoh, hajat, ibu hamil, doa untuk istri kepada suami.

8 Manfaat Surat Al Insyirah Yang Sangat Mengejutkan
Khasiat Surat Al Insyirah
Pada setiap isi di dalam Al Qur’an, baik ayat, surat maupun hurufnya tidak hanya memiliki bahasa serta makna yang indah. Namun juga terdapat kandungan yang berupa kekuatan, khasiat  serta tips-tips untuk suatu hal tertentu. Tips tersebut apabila kita mengaplikasikan ataupun mengamalkan di kehidupan kita secara istiqomah, baik dengan cara dibaca setiap selesai mengerjakan sholat maupun di waktu tertentu.


Baca Juga  : 10 Manfaat Surat Ar Rahman Sungguh Dahsyat

Khasiat dan Manfaat Surat Al Insyirah

Apabila ayat Al Qur’an dibaca maka akan memperoleh khasiat maupun keutamaan tertentu. Sebagai contoh apabila Ayat Kursi dibaca 3x sebelum tidur, maka setan tidak bisa menggangu kita, atau surah Al Mulk dengan Al Waqiah jika dibaca istiqomah setiap selesai mengerjakan sholat maghrib, maka akan melancarkan rezeki.

Seperti pada surat Al Insyirah ini, di dalam surah ini memiliki banyak khasiat serta kandungan tentang konsep kehidupan yang dapat membuat kita bahagia dan sukses dalam menjalani hidup. Surah ini juga dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Kandungan dari Surat Al Insyirah 

1. Pertama
Tentang lapang dada, dimaksudkan lapang dada disini bukan berarti arti fisik akan tetapi tentang uangkapan bagi seseorang berjiwa besar. Singkatnya disebut lapang dada ialah untuk menerima suatu kebenaran yang telah diberikan Alloh seperti yang sudah dijelaskan pada ayat pertama dalam surat ini.

2. Kedua
Tentang hilangnya beban, yang dimaksud ialah sesudah kita dapat belapang dada terhadap sesuatu hal terjadi pada kita, jadi beban yang terasa akan menjadi hilang secara bersamaan. Kesulitan, rintangan maupun halangan ini termasuk beban hidup yang harus kita rasakan. Oleh karena itu, apabila dapat menghadapi kesulitan, rintangan ataupun halangan sama hal dengan dapat menghilangkan beban itu, hingga tercapai apa yang menjadi tujuan.

3. Ketiga
 Setelah kita dapat berlapang dada serta dapat menghilangkan beban pada diri kita. Maka kita akan memperoleh sebuah citra yang baik di hadapan Alloh maupun sesama manusia. Surat terdiri 8 ayat ini mengajarkan kita apabila sesuatu di lalui dengan lapang dada akan berakibat baik pada diri sendiri serta citra kita di mata Alloh ataupun sesama manusia.

4. Keempat
Tentang setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Pada ayat 5-6 ini menerangkan bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya, artinya bahwa seberapa sulit halangan yang kita hadapi sekarang, pasti ada kemudahan atau penyelesaiannya sebuah masalah tersebut.

5. Kelima
Tentang prinsip Istiqomah, sesudah empat hal diatas,kita di tuntut untuk selalu istiqomah dalam menjalankan keempat hal tersebut. Prinsip istiqomah juga dapat diterapkan setiap langkah hidup kita, seperti dalam hal kebaikan.

Khasiat dan Manfaat Surat Al Insyirah

1. Bagi siapa yang memiliki hajat besar, seperti ingin meraih jabatan, menjadi bupati dan lain sebagainya, bacalah 1000x surat Al Insyirah secara istiqomah, maka hajatnya akan dikabulkan Alloh dan dia akan memperoleh apa yang di inginkannya.

2.  Apabila surat ini dibaca 40x setiap selesai menjalankan sholat lima waktu selama tujuh hari, Alloh akan membukakan pintu rezeki dengan jalan yang tidak disangka-sangka.

3. Apabila dibaca 200x setiap hari saat matahari naik (waktu dhuha), maka Alloh akan memperlihatkan dirinya dari perkara-perkara yang ghaib.

4. Apabila dibaca 7x setiap mengerjakan sholat lima waktu, maka akan di permudah dalam mencari rezeki serta di jauhkan dari kesusahan.

5. Jika terdapat teman maupun saudara yang sedang sedih karena kehilangan sesuatu yang berharga, maka tulis surat Al Insyirah pada piring, kemudian isi air mawar, lalu air tersebut diminumkannya.

5. Apabila ada orang yang tidak dapat menahan rasa sakit, maka ambilah seurat benang tersebut dari kulit kayu, kemudian bacakan surah ini, setiap sedang membaca huruf “Kaf”, simpulkan benang tersebut sekali, kemudian lanjut membaca lagi hingga tujuh kali simpul kemudian hentikan, sesudah itu ikat benang tersebut pada tangan orang yang sedang sakit-sakitan di pergelangan disebelah kiri.

6. Apabila sekarang ini sedang kesusahan ataupun putus asa, maka bacalah surah ini setiap mengerjakan sholat, maka insyaAlloh pikiran kita akan menjadi terbuka serta sifat malas kita akan hilang.

7. Bagi siapa belum mendapatkan pekerjaan, maka dapat melakukan amalan dibawah ini dengan cara :

1. Sholat sunat dua rakaat

2. Setiap rakaat bacalah surat Al Fatihah, dan selanjutnya surat apa saja yang dibaca

3. Setelah selesai mengerjakan sholat sunat dua rakaat, duduk dengan menghadap kiblat dan tetap bersungguh-sunggh untuk memohon pada Alloh.

4. Bacalah surat Al Insyirah sebanyak dengan bilangan hurufnya yaitu 101. Setelah itu, berdoa mintalah kepada Alloh yang diinginkan terkabul.

8. Apabila selalu membaca surah ini, maka Alloh akan melapangkan dadanya serta akan di jauhkan dari macam kesulitan dalam segala urusannya. Serta akan dihilangkan dari segala rasa putus asa dan menggantikan sifat rajin dalam menjalankan ibadah.


Baca Juga  : 7 Manfaat Surat Al Fath Ayat 1-4 Yang Luar Biasa

Itulah beberapa ulasan kami yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan sekarang ini tentang manfaat surat Al Insyirah. Semoga dengan membaca tulisan ini, kami berharap kepada pembaca agar selalu istiqomah untuk membaca surah ini. Demikian dari kami semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon